Rabu, 18 Mei 2011

baik vs benar

"apa yang baik belum tentu benar, namun sesuatu yang benar sudah pasti baik"

pernakah kalian mendengar kata-kata tersebut? setujukah kalian dengan kalimat tersebut?

oke,gw salah satu orang yang setuju
gw pertama kali denger kalimat tersebut waktu gw smp,dimana gw diceritain temen gw tentang kalimat ini,bahkan dia kasih contoh, misalnya lo kasih contekan ke temen pas waktu ujian, menurut lo baik ga? baik kan? tapi sayangnya itu ga bener...tapi coba deh misalnya lo ajarin temen lo sebelom ujian, itu benar kan? dan itu baik kan? gilaaak! yoi banget nih (pada waktu itu gw denger pertama kali) dan kalimat itu gw pegang dan percayai sampai kira" 4 jam yang lalu...

begini ceritanya,tadi gw sore gw sempet ngobrol" ama temen gw,yang mengulas tentang seorang cewe yang lagi galau, tapi bukan itu yang pengen gw bahas,tapi dalam obrolan tadi sempat juga terlempar kalimat yang ada di awal tadi.
pada saat itu juga gw lsg mikir,dimana kayaknya ini kalimat sangat usang dan ga kepake,soalnya menurut gw benar dan baik itu tergantung kembali ke cara pandang orang lagi. menurut gw bagi orang yang berbuat sesuatu hal yang baik,pasti dia juga yakin kalo itu benar,jadi dalam hal ini, kebenaran adalah milik orang yang berbuat baik tersebut. misalnya ada orang yang menonjok orang lain karena orang yang spesial baginya itu diganggu, tentu saja jika kita tanya kembali ke orang yang menonjok tersebut, ia akan berpendapat bahwa sikapnya itu BAIK dan tentu saja BENAR karena tindakan ia itu untuk melindungi dan membalas perbuatan orang lain tersebut,tapi itu dari segi si PELAKU. bagaimana menurut anda? apakah tindakan itu BAIK? apakah tindakan itu BENAR?
padahal jika mau ditelisik ulang, tindakan menonjok dan menyakiti orang lain itu kan tidak benar (paling tidak menurut undang-undang) jadi apakah orang ini termasuk tidak baik? tidak benar?
sebenernya apa sih PATOKAN BENAR itu? UNDANG-UNDANG? AJARAN AGAMA? NORMA? jadi apakah orang yang mengikuti patokan itu dan DIANGGAP BERBUAT BENAR sudah pasti ia adalah orang yang baik? apakah orang yang berbuat BAIK itu sudah pasti TIDAK BENAR?
jadi menurut gw sih patokan baik dan benar ini udah ga valid, karena ga ada patokan yang jelas. Buat gw orang yang berbuat baik pasti akan selalu merasa dirinya benar,sehingga baik dan benar adalah satu kesatuan dari perilaku dan persepsi dari si oknum yang berbuat dan sangat subjektif. Selain itu tidak ada batasan yang jelas tentang kebenaran itu sendiri, apa yang menurut gw benar,belum tentu orang lain berpendapat sama,sehingga baik dan benar itu memang sangat tidak dapat dibedakan sih menurut gw.
gimana kalo menurut yang laen?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar